Pemkot Madiun Gelar Garebek Maulud Nabi 2017 - Warta 24 Gorontalo
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Pemkot Madiun Gelar Garebek Maulud Nabi 2017

Pemkot Madiun Gelar Garebek Maulud Nabi 2017

Home » Peristiwa » Daerah Pemkot Madiun …

Pemkot Madiun Gelar Garebek Maulud Nabi 2017

Home » Peristiwa » Daerah

Pemkot Madiun Gelar Garebek Maulud Nabi 2017

print this page Jumat, 1/12/2017 | 18:04

Top daerah

Pemuda Pancasila Laporkan Gubernur Sulbar ke Bareskrim Mbah Rono: Gunung Agung Simpan Kekuatan Besar Potensi Cuaca Buruk Imbas Siklon Dahlia Disdukcapil Lebak Penuhi Target 54.000 Blangko e-KTP Pemkot Madiun Gelar Garebek Maulud Nabi 2017

Populer

  1. Ini Peta Politik Pergantian Setya Novanto di Partai Golkar
  2. Jadwal Penerbangan Kacau, Garuda Minta Maaf
  3. Elektabilitas Turun, Pengamat: Golkar Diterpa Badai
  4. Tim Advokasi Jokowi-JK Minta Setya Novanto Segera Mundur dari DPR
  5. Timses Airlangga Janjikan Rehabilitasi Kader Golkar yang Dipecat Novanto
  6. Ferry Juliantono Ancaman bagi Petahana Ganjar Pranowo
  7. Pemkot Madiun Gelar Garebek Maulud Nabi 2017

RILIS.ID, Madiunâ€" Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, menggelar Garebek Maulud tahun 2017. Acara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW 1439 Hijriah.

Kegiatan tersebut dimulai dengan kirab Gunungan "Jaler" (laki-laki) dan "Estri" (perempuan) yang telah disediakan oleh panitia dengan rute Masjid Kuno Taman di Kecamatan Taman me nuju Masjid Besar Kota Madiun yang terletak di pusat kota, Alun-Alun Madiun.

Baca Juga:
  • 17 Agustus 2017, Keliling Jawa Timur Pakai Kereta Api Gratis!

Ribuan warga Kota Madiun dan sekitarnya menyambut antusias kegiatan tersebut. Mereka berkumpul sejak pagi untuk berebut berkah yang dilambangkan dalam dua gunungan tersebut. Warga percaya, jika berhasil mendapatkan bagian dari gunungan tersebut akan mendapatkan berkah dalam kehidupannya.

"Saya ikut rebutan gunungan karena ingin dapat berkah. Tahun kemarin juga ikut," ujar seorang warga Jiwan, Kabupaten Madiun yang ikut kegiatan garebek, Agus, Jumat (1/12/2017).

Adapun, Gunungan Jaler dan Estri tersebut berisikan buah, sayuran hasil bumi, dan jajanan olahan. Setelah dikirab gunungan tersebut didoakan dan kemudian dibagikan kepada warga yang melihat sebagai perlambang atas berkah dari Allah SWT.

Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto mengatakan kegiatan tahunan tersebut tela h menjadi ikon wisata religi dan budaya di Kota Madiun. Tujuannya, selain meningkatkan kunjungan ke Kota Madiun, juga meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

"Mengagungkan Nabi Muhammad SAW menjadi keharusan bagi umat muslim. Pemkot pastinya berupaya menjembatani itu dengan berbagai kegiatan untuk warga," kata Wali Kota Sugeng.

Wali Kota berharap dalam penyelenggaraan setiap tahunnya dapat lebih baik dan meriah. Sehingga, Garebek Maulud Nabi bisa menjadi agenda kunjungan wisata tiap tahun di Kota Madiun.

Sementara itu, Kepala Disbudparpora Kota Madiun Agus Purwowidagdo mengatakan, kegiatan Garebek Maulud tahun ini sudah dimulai sejak, Minggu (24/11) dengan pagelaran wayang kulit dan pameran UMKM. Gelaran dilanjutkan dengan lomba bernuasan islami, mulai lomba adzan, kaligrafi, baca Alquran, hingga hadroh.

Kegiatan dilanjutkan dengan Madiun Bersholawat melalui parade seribu rebana, doa bersama, dan ditutup dengan kirab gunungan.

"Kirab ini sudah menjadi ikon wisata tahunan. Ke depan akan dikemas lebih meriah dan menarik dengan lebih banyak melibatkan partisipasi masyarakat," kata Agus.

Dengan menjadi ikon wisata, diharapkan kunjungan wisata tiap tahun di Kota Madiun terus meningkat. Acara yang berlangsung meriah tersebut melibatkan semua OPD dan siswa tingkat SD hingga SMA di Kota Madiun. Selain itu, kegiatan tersebut juga mendapat pengamanan ketat dari aparat Polres Madiun Kota, Kodim Madiun, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan relawan.

Penulis Taufiq Saifuddin
Sumber ANTARA

Tags:

Garebek Maulud 2017MadiunMaulid Nabi Muhammad SAW

Sumber: Google News | Warta 24 Kabupaten Madiun

Tidak ada komentar