Mataram Terima Penghargaan Ombudsman Bidang Pelayanan Publik - Warta 24 Gorontalo
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Mataram Terima Penghargaan Ombudsman Bidang Pelayanan Publik

Mataram Terima Penghargaan Ombudsman Bidang Pelayanan Publik

kicknews.today â€" Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan menerima penghargaan tingkat kepatuhan pelayanan publik dari Ombudsman RI.“Penghargaan terse…

Mataram Terima Penghargaan Ombudsman Bidang Pelayanan Publik

kicknews.today â€" Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan menerima penghargaan tingkat kepatuhan pelayanan publik dari Ombudsman RI.

“Penghargaan tersebut dijadwalkan akan diterima Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh pada tanggal 5 Desember 2017, di Jakarta,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu (DPMP2SP) Kota Mataram Cokorda Sudira Muliarsa di Mataram, Sabtu (2/12).

Menurutnya, keberhasilan Kota Mataram meraih penghargaan dalam bidang pelayanan publik dari Omudsman RI, karena pemerintah kota dinilai telah melaksanakan sistem pelayanan publik berdasarkan Undang-Undang 25 tahun 2009.

Baca Juga

Pemprov NTB Raih Anugerah Pandu Negeri Award 2017

Pemkot Mataram Siap Operasikan “Mataram Water Park”

Pemkot Mataram Beri Teguran Tukang Gigi Tanpa Izin

Wujud Perlindungan Petani Pemkot Mataram Dukung HPP Cabai

Dimana, dalam beberapa tahun terakhir ini setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di Mataram, telah melaksanakan berbagai inovasi dalam pelayanan publik untuk mencipkatkan pelayanan yang sudah, murah, cepat dan transparan.

“Inovasi pelayanan publik tersebut diwujudkan dalam berbagai sistem dalam jaringan atau ‘online’, sehingga masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan pelayanan sesuai yang dibutuhkan,” ujarnya.

Khusus pelayanan publik di DPMP2SP, katanya, DPMP2ST telah berhasil meraih sertifikat sistem manajeman standar mutu ISO 9001:2008, yang diserahkan Kamis (30/11) oleh Disgnated Country Director SIS Certification Intrnational Edy Putrajati kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan.

Pada kesempatan itu, Disgnated Country Director SIS Certification Intrnational Edy Putrajati mengatakan, DPMP2SP Kota Mataram berhasil mendapatkan ISO 9001, karena selama ini dinilai mampu melaksanakan tata kelola pelayanan publik yang baik dan sesuai aturan.

“Sertifikat ISO 9001 diberikan kepada setiap organisasi yang telah melakukan tata kelola pelayanan publik dari hulu hingga hilir mengkuti aturan perundang-undangan yang berlaku sesuai standar ISO 9001,” katanya.

Menurutnya, sebelum pemberian ISO 9001 kepada DPMP2SP Mataram, telah dilakukan evaluasi secara cermat, lengkap dan detail oleh tim sertifikasi selama dua hari.

Tim auditor sertifikasi ini melakukan evaluasi selama dua hari yakni pada tanggal 7-8 November 2017. Dalam evaluasi itu dilakukan analisa terhadap tata kelola pelayanan publik, penyelesaian dan proses pelayanan publik hingga setiap “output”, termasuk capaian tingkat kepuasan masyarakat.

“Dimana dari evaluasi internal terha dap tingkat kepuasan masyarakat pengguna jasa di DPMP2SP mencapai 86 persen,” katanya.

Sudira Muliarsa mengatakan, keberhasilan yang dirainya itu merupakan hasil kerja keras bersama untuk mewujudkan komitmen pelayanan publik yang prima.

Namun demikian, keberhasilan yang telah diraihnya itu bukanlah tujuan akhir melainkan awal untuk dapat berbuat lebih banyak lagi dalam memberikan pelayanan publik.

“Hal-hal yang masih kurang perlu kita tingkatkan dan perbaiki agar menjadi lebih baik, dan berjalan sesuai koridor yang ada, mudah, cepat, murah dan transparan,” katanya. (ant)

Tanggapan Pembaca

Tanggapan

Sumber: Google News | Warta 24 Mataram

Tidak ada komentar