www.AlvinAdam.com

WARTA 24 GORONTALO

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Bappenas: 100 Desa Miskin Segera Dapat Dana Tunai Program ...

Posted by On Januari 10, 2018

Bappenas: 100 Desa Miskin Segera Dapat Dana Tunai Program ...

  • Home
  • Berita
  • Makro

Makro

Bappenas: 100 Desa Miskin Segera Dapat Dana Tunai Program Padat Karya Pencairan dana desa dengan skema cash for work digadang-gadang bakal menyerap 5,8-11,8 juta pekerja baru. Jumlah orang miskin bakal turun 355 ribu jiwa. Kemiskinan Selasa 9/1/2018, 20.08 WIB Desy Setyowati Ini 12 Kabupaten Perdana Penerima Program Padat Karya Rp 11,2 Triliun Ada Bansos dan Dana Desa, Bappenas Yakin Kemiskinan Turun ke Bawah 10% Terima Dana Rp 81,7 Triliun dari Pusat, Maluku dan Papua Masih Miskin

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah akan mul ai mencairkan dana desa dengan skema cash for work atau secara tunai untuk program padat karya di 1.000 desa prioritas. Untuk tahap awal, telah dipilih 100 desa di 10 kabupaten.

Kesepuluh kabupaten tersebut merupakan wilayah yang terbanyak mengalami persoalan kekerdilan (stunting) akibat gizi buruk kronis. Kabupaten yang dimaksud yaitu Lampung Tengah, Rokanhulu, Cianjur, Brebes, Pemalang, Lombok Tengah, Ketapang, Gorontalo, Maluku Tengah dan Lanny jaya.

Daftar newsletter Katadata sekarang! Dapatkan berita terbaru pilihan kami melalui email Anda setiap hari (Senin - Jumat). Saya setuju untuk menerima promosi dari produk & layanan Katadata. Kode Keamanan Baru Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya. Alamat email Anda telah terdaftar Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA Maaf T elah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi Silahkan mengisi alamat email Silahkan mengisi alamat email dengan benar Masukkan kode pengaman dengan benar Silahkan mengisi captcha

"(Kami prioritaskan) terutama yang stunting-nya tinggi karena itu artinya kemiskinannya parah. Itu yang kami coba perbaiki dulu," kata Bambang saat Konferensi pers bertajuk 'membedah angka kemiskinan dan kesejangan: release data terkini BPS' di kantornya, Jakarta, Selasa (9/1). (Baca: Paket Dana Tunai buat Pekerja Desa Dipercepat untuk Kerek Daya Beli)

Dana tunai akan dikucurkan untuk upah pekerja pada berbagai kegiatan swakelola desa. Kegiatan yang dimaksud yakni proyek terkait embung, jalan, jembatan, irigasi, Polindes, PAUD, dan pasar desa. Upah yang diberikan di bawah upah buruh tani yakni Rp 50.000 per hari dan minimal 30% dari nilai pekerjaan fisik.

Adapun pelaksanaan kegiatan disyaratkan tidak memerlukan alat berat dan bentuk kegiatannya bisa berupa pengadaan, pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan. Kemudian, kegiatan tidak dilaksanakan bersamaan dengan masa panen, pekerjaannya berkelanjutan selama setahun, serta mengoptimalkan peran pendamping desa.

Dalam hitungan pemerintah, skema cash for work bisa meningkatkan daya beli masyarakat sebesar Rp 108-584 juta per desa dan Rp 5,7-12,2 triliun secara nasional. Direktur Jenderal (Dirjen) Perimbangan Kemenkeu Boediarso Teguh Widodo menjelaskan peningkatan itu terjadi karena bakal ada penyerapan tenaga kerja baru sebanyak 5,8-11,8 juta orang. Alhasil, pendapatan masyarakat bakal naik.

Pendapatan masyarakat diperkirakan bisa naik Rp 154-835 juta per desa. "Pendapatan masyarakat secara nasional juga akan meningkat Rp 8,2-17,5 triliun," kata Boediarso. Dengan demikian, jumlah penduduk miskin bakal turun 355 ribu jiwa. (Baca juga: Penduduk Miskin Berkurang 1,19 Juta Orang, Terbanyak dalam 7 Tahun)

Arti kel Terkait Ini 12 Kabupaten Perdana Penerima Program Padat Karya Rp 11,2 Triliun Pemilihan 12 daerah ini berdasarkan jumlah pelaksana dan penerima manfaat di wilayah tersebut cukup besar. Ada Bansos dan Dana Desa, Bappenas Yakin Kemiskinan Turun ke Bawah 10% Pemerintah bakal fokus menyalurkan berbagai bantuan sosial secara tepat sasaran untuk semakin menekan kemiskinan. Terima Dana Rp 81,7 Triliun dari Pusat, Maluku dan Papua Masih Miskin Penanganan masalah kemiskinan harus dilihat sesuai kebutuhan setiap daerah.

Berita Terpopuler

Maritim Luhut Perintahkan Susi Berhenti Tenggelamkan Kapal Maling Ikan Luhut juga meminta agar Susi tak lagi melarang penggunaan cantrang. Makro Pengusaha Resah Target Pajak Naik 24%, Sri Mulyani Siapkan Strategi "Pertumbuhan penerimaan pajak 20% cukup tinggi dan kami rasanya akan diuber-uber lagi," kata Direktu ... Energi Jokowi Inc ar Freeport Setelah Pertamina Kuasai Mahakam “Saya sudah perintahkan minimal 51%, tapi tiga tahun negosiasi belum rampung, haduh. Tidak apa-ap ... Makro Kewajiban Pencantuman Data Pembeli di e-Faktur Pajak Berlaku April Kalangan pengusaha sempat mengeluhkan aturan pencantuman data pembeli di e-Faktur. Alasannya, aturan ...

Opini

A. Rinto Pudyantoro Rinto

Nasib Investasi Hulu Migas Pasca Terbitnya Aturan Pajak Gross Split

Prahoro Nurtjahyo Prahoro

Menjawab Keraguan Terhadap Gross Split

Fahmy Radhi Fahmy Radhi

Menggugat Survei Fraser Berdasarkan Manfaat Gross Split

Madjedi Hasan Madjedi Hasan

Potensi Masalah Skema Kontrak Bagi Hasil Gross Split

Kishore Mahbubani Kishore

Sistem Pendidikan Perlu Adaptasi dengan Disrupsi Teknologi

Baca juga Kejuruan Digital President University Sediakan Rp 66 Miliar Beasiswa Lewat Ruangguru Jokowi-JK Nasional Jokowi Sebut Surat Dari Khofifah Telah Sampai di Mejanya Pembangkit Listrik Energi Hingga November 2017, Hanya 3% Proyek 35 GW yang Beroperasi Sofyan Djalil Nasional Target Sertifikat Tanah Tak Tercapai, Jokowi Masih Puji Kepala BPN Infomark Membangun Indonesia Sentris Infomark Membangun Indonesia Sentris Proyek Prioritas Nasional: Jambaran Tiung Biru Infomark Proyek Prioritas Nasional: Jambaran Tiung Biru PROPER: Pertamina Berkomitmen Terhadap Keberlanjutan Lingkungan Hidup Infomark Komitmen Pertamina Terhadap Keberlanjutan Lingkungan Hidup Mendukung Pembangunan Sektor Strategis Nasional Infomark Mendukung Pembangunan Sektor Strategis Nasional Sumber: Google News | Warta 24 Kabupaten Gorontalo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »