www.AlvinAdam.com

WARTA 24 GORONTALO

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Weekend di Palembang, Yuk Main ke Danau Ranau

Posted by On Desember 17, 2017

Weekend di Palembang, Yuk Main ke Danau Ranau

detikTravel Domestic Destinations Detail Artikel Minggu, 17 Des 2017 17:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Weekend di Palembang, Yuk Main ke Danau Ranau

Raja Adil Siregar Redaksi Travel
Foto: Danau Ranau (Dok. Pribadi Rafita)
Foto: Danau Ranau (Dok. Pribadi Rafita)
Palembang - Weekend di Palembang, main saja ke Danau Ranau di Kabupaten Oku Selatan. Danau kedua terbesar di Sumatera ini punya pema ndangan yang menakjubkan!
Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua yang ada di Sumatera setelah Danau Toba, dengan luas sekitar 125,9 km. Berlokasi di perbatasan kabupaten Lampung Barat, Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (Oku) Selatan, ternyata danau ini juga dikelilingi perbukitan dan lembah. Untuk sampai ke lokasi, traveler harus menempuh jarak sekitar 330 KM atau 8,5 jam perjalanan darat dari kota Palembang.
Selama perjalanan, kita akan melintasi perkebunan dan menikmati suasana pedesaan yang asri. Perairan sungai Musi yang membentang luas juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri selama perjalanan.
Setelah lama menempuh perjalanan, kita akan tiba di Kota Baturaja, pusat pemerintahan Kabupaten Ogan Komering Ulu (Oku). Untuk sampai ke lokasi, bisa melalui kota ini atau mutar dari Oku Timur melintasi Kota Martapura dan menuju pusat Kota Oku Selatan, Muaradua.
Weekend di Palembang, Yuk Main ke Danau RanauPemandangan di sekitar danau (Dok. Pribadi Rafita)

Jika telah sampai di Muaradua, itu artinya perjalanan kita sudah tidak jauh lagi dan bisa langsung menuju ke wisma Pusri yang ada di sekitar Danau Ranau untuk sekedar istirahat dan meletakan barang-barang bawaan. Wisma Pusri merupakan salah satu spot foto yang instagramable dan menjadi tempat penginapan favorit traveler yang berkunjung.
Cukup berjalan sedikit ke arah danau, kita dapat menikmati berbagai keindahan alam dan wisata air, serta anak-anak yang sedang bermain di sekitar tepi danau. Lelah selama perjalanan akan hilang seketika melihat indahnya pesona alam yang menjadi pusat tujuan wisatawan asal Sumsel dan Lampung ini.
Suasana yang tenang dan jauh dari hiruk-pikuk kehidupan di kota, menambah kenyamanan saat berlibur dengan meninggalkan sedikit pekerjaan yang telah menumpuk di kantor. A ir yang tenang dan berlatar Gunung Seminung, menjadikan danau ini destinasi wisata yang sangat indah dan tidak kalah cantik dengan Danau Toba di Sumatera Utara.
Traveler dapat mengelilingi danau menuju pemandian air panas alami di bawah kaki gunung, atau bermain ke Pulau Marisa di tengah danau menggunakan kapal sewaan. Harganya cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 300 ribu saja dan dapat membawa beberapa sahabat dan keluarga.
Weekend di Palembang, Yuk Main ke Danau RanauPengunjung juga bisa keliling danau dengan boat (Dok. Pribadi Rafita)

"Kalau saya menilai untuk Danau Ranau ini sekarang sudah menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Sumatera Selatan dan provinsi tetanggal yakni Lampung. Jika tidak ingin berkeliling danau, dis ini sudah ada wahana permainan baru berupa Jet Ski, Banana B oat dan wisata air lain yang dapat dinikmati bersama keluarga dan sahabat," kata Rafita salah seorang traveler yang rutin mengunjungi Danau Ranau, saat berbincang dengan detikTravel, Minggu (17/12/2017).
Dilanjutkan Rafita, saat perut mulai keroncongan setelah mengelilingi danau dan menikmati wisata air, traveler dapat dengan mudah menemukan tempat makan di sekeliling danau. Ada Ikan Mujair khas yang hidup di Danau Ranau, tentunya rasa ikan ini sangat berbeda dariIikan Mujair lain dan tidak akan ditemukan selain di Danau Ranau.
Untuk menambah kesegaran, cukup memesan jus alpukat saja sebagai teman makan siang. Alpukat merupakan buah segar yang menjadi salah satu penghasilan warga sekitar dan menjadi oleh-oleh dari Oku Selatan selain gula aren.
"Untuk oleh-oleh itu banyak kerajinan tangan yang ada di Oku Selatan dan dijual di sekeliling danau. Kalau untuk buah itu ada alpukat dan gula aren murni, bisa juga membawa Ikan Mujair karena ikan ini rasanya manis dan be da dengan ikan lainnya," sambung Rafita.
Agar dapat menikmati indahnya pesona alam di Danau Ranau dan tidak menyesal saat pulang sebelum menjalani aktifitas sehari-hari, traveler memang sebaiknya harus menginap. Setelah puas, barulah kembali bekerja sembari menunggu libur tahun baru untuk kembali datang ke Danau Ranau. (sym/sna) BERITA TERKAIT
  • Taman Sipinsur, Tempat Asyik Melihat Danau Toba
  • Danau Lindu, Surga Tersembunyi di Antara Belantara
  • Akhir Pekan di Palembang: Telusuri Gua Manusia Purba
  • 6 Destinasi Long Weekend di Manado
  • Destinasi Ciamik Untuk Long Weekend di Semarang
  • Pasar Baba Boentjit, Destinasi Wisata Baru di Kota Palembang
  • Khas Palembang! Kerupuk Ikan yang Dipanggang dengan Pasir
  • Yakin Menjadikan yang Kedua Destinasi dari Bandung Ini?
BACA JUGA detikFinance
Jokowi Bakal Resmikan Pengoperasian 2 Tol di Sumatera Ini
Jokowi Bakal Resmikan Pengoperasian 2 Tol di Sumatera Ini
NEWS FEED Domestic Destination
Banjarnegara, Surganya Off Road yang Ekstrem

Banjarnegara, Surganya Off Road yang Ekstrem

Minggu, 17 Des 2017 22:20 WIB

Bagi para penggemar olahraga off road, cobalah datang ke Banjarnegara. Di sinilah medan-medan ekstrem yang seru nan berada.

FotoTravel
Foto: Gaya Liburan Pangeran Tertampan di Dunia

Foto: Gaya Liburan Pangeran Tertampan di Dunia

Sabtu, 16 Des 2017 23:50 WIB

Sheikh Hamdan disebut pangeran tertampan sekaligus salah satu yang terkaya di dunia. Di balik kesibukannya, dia juga traveling dan adventure keliling dunia.

Travel News
Ini 10 Kota yang Paling    Sering Dikunjungi Turis Tahun 2017

Ini 10 Kota yang Paling Sering Dikunjungi Turis Tahun 2017

Minggu, 17 Des 2017 21:25 WIB

Ada banyak kota yang menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata. Kira-kira, apa saja ya 10 kota yang paling sering dikunjungi turis?

detikTravel
Pesona Mangku Sakti, Air Terjun di Kaki Gunung RInjani

Pesona Mangku Sakti, Air Terjun di Kaki Gunung RInjani

Minggu, 17 Des 2017 19:50 WIB

Bukan cuma Gunung Rinjani dan deretan pantai eksotis, Lombok juga punya air terjunnya yang tidak kalah indah. Salah satunya Air Terjun Mangku Sakti.

International Destination
Pulang ke Indonesia, Tim Dream Destination 2017 Bawa Sejuta Cerita dari India
Dream Destination 2017

Pulang ke Indonesia, Tim Dream Destination 2017 Bawa Sejuta Cerita dari India

Minggu, 17 Des 2017 19:00 WIB

Petualangan Dream Destination #BikinJadiNyata 2017 telah usai. Sejuta cerita telah terekam dan siap dibagikan, apa sajakah?

detikTravel
Lapangan Merah di Moskow yang Tidak Berwarna Merah

Lapangan Merah di Moskow yang Tidak Berwarna Merah

Minggu, 17 Des 2017 18:10 WIB

Belum afdol ke Moskow kalau belum menginjakkan ka ki di area Lapangan Merah. Di sini, terdapat ikon Moskow yang wajib dikunjungi yakni Katedral St. Basil.

Domestic Destination
Weekend di Palembang, Yuk Main ke Danau Ranau
Weekend Getaway

Weekend di Palembang, Yuk Main ke Danau Ranau

Minggu, 17 Des 2017 17:35 WIB

Weekend di Palembang, main saja ke Danau Ranau di Kabupaten Oku Selatan. Danau kedua terbesar di Sumatera ini punya pemandangan yang menakjubkan!

detikTravel
Menikmati Makanan Raja Tapanuli Selatan

Menikmati Makanan Raja Tapanuli Selatan

Minggu, 17 Des 2 017 17:00 WIB

Di Rantauprapat, Sumatera Utara, terdapat sebuah makanan yang bernama Holat. Konon, Holat adalah makanan para raja dari Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

International Destination
Wow! Kolkata Punya Pasar Buku Bekas Terbesar Dunia
Dream Destination 2017

Wow! Kolkata Punya Pasar Buku Bekas Terbesar Dunia

Minggu, 17 Des 2017 16:25 WIB

Kota Kolkata, India memang amat unik. Terlepas dari hiruk pikuknya, kota ini memiliki pasar buku bekas terbesar di dunia.

detikTravel
Indahnya Telaga Menjer di Dieng

Indahnya Telaga Menjer di Dieng

Minggu, 17 Des 2017 16:00 WIB

Wisata Alam di Dieng, memang tidak ada habisnya. Salah satu wisata alam yang bisa dinikmati adalah Telaga Menjer yang punya pemandangan cantik.

Sumber: Google News | Warta 24 Pohuwato

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »